Archive for May, 2013

By : Radtyo.

Malam ini saya bener-bener mager. Mager disini berarti males gerak, sebuah singkatan yang akhir akhir ini lagi ngetren di kalangan orang-orang sekeliling saya. Sebenernya lama saya nggak nulis santai kayak gini. Tanpa merhatiin struktur kalimat, besar kecilnya huruf, sama hal-hal lainnya. Jadi ceritanya malam ini saya mau nulis…santai.

Lumayan banyak kegiatan hari ini, mulai dari PLO sampe diklat DKA. Terus akhir-akhir ini rasanya hari-hari berlalu dengan cepat, gak kerasa udah weekend lagi. Gak kerasa sekarang udah malem minggu lagi, sabtu malem kalo kata yang jomblo. Di luar hari-hari yang terasa cepat, ada banyak cerita yang sebenernya pengen saya tulis disini. Tapi entah, selalu nggak sempat atau badmood setiap kali udah duduk manis di depan laptop.

Berhubung lagi niat, saya sekarang kepengen nulis. Cerita pertama adalah teman saya, wanita, sebut saja namanya Nona. Si Nona ini teman SMA saya, lulus bareng, masuk kuliah juga bareng, kebetulan juga kuliah di kampus yang sama seperti saya. Dulu, waktu awal-awal kami masuk si Nona dekat banget dengan kami, kumpulan perantau asal sebuah kota di Jawa Tengah. Kemana-mana kami selalu bareng Nona, makan bareng, jalan bareng, belajar bareng, kumpul juga bareng. Entah sejak kapan, Nona ini mulai berubah. Saya jadi jarang ketemu dia di kampus, sabtu-minggu ketika para perantau berkumpul, si Nona ini menjadi jarang kelihatan. Bukan jarang sih, tidak pernah malah. Sampe akhirnya, para perantau ini (termasuk saya) punya sebuah tempat berkumpul yang fix, semacam tempat nongkrong di akhir minggu. Si Nona ini kemudian menghilang dari kalangan perantau, tidak pernah namanya disebut-sebut lagi ketika kami sedang berkumpul. Sedih ya ? Padahal kami satu kampus, seharusnya bisa paling tidak bertemu sesekali. Atau mungkin bisa juga si Nona meluangkan waktunya satu sampai dua jam dalam seminggu untuk berkumpul dengan kami, para perantau. Tapi kembali ke diri masing-masing, namanya juga manusia, pasti punya kesibukan tersendiri kan ya ? Mungkin saja sayanya yang terlalu nganggur jadi masih bisa kumpul sama teman-teman (lama) saya yang (masih) senasib dan seperjuangan.

Itu tadi cerita pertama, yang kedua, tentang PLO hari ini. Saya datang telat, sekitar jam dua belas karena harus mengikuti diklat DKA dahulu. Kebetulan tadi ketika saya datang sedang ishoma, jadinya agak santai. Yang menarik, materi hari itu adalah tentang ‘menemukan jati diri’. Si motivator sempat menjabarkan teknik untuk ‘menemukan jati diri’ itu, kalau tidak salah namanya teknik SWOT. Intinya sih, lebih ke arah merenungkan diri sendiri, menemukan apa yang sedang terjadi dan apa yang sedang dicemaskan. Lalu ketika saya mendengar penjelasan, saya jadi keingetan tentang personality type. Lupa namanya, pokoknya ada 16 personality yang dibentuk dari empat huruf. Salah satunya INFJ, contohnya saya dan seorang teman saya. Huruf I di situ singkatan dari Introvert, saya Introvert tetapi tiga huruf lainnya merubah persepsi Introvert di diri saya. Dari yang dijelaskan oleh motivator, orang Introvert cenderung pendiam, suka menyendiri, dan tidak banyak yang tahu. Adanya huruf N, F, J menjadikan orang-orang Introvert ini bukan tipe orang Introvert seperti penjelasan motivator. Orang-orang INFJ cenderung terlihat seperti orang-orang ekstrovert, agak banyak bicara dan terkesan sosialis. Bagi saya ini kadang-kadang menjadi sesuatu yang fatal, terkadang orang melihat saya begitu meskipun sebenarnya saya tidak begitu. Ada beberapa saat ketika seorang INFJ berlaku seperti biasa, seperti tidak ada apa-apa, tetapi sebenarnya ada sesuatu yang membebani orang itu. Bagi saya INFJ seperti badut, ada sebuah make up tebal yang membuat dia terlihat seperti selalu tersenyum dan gembira. Entah ini sebuah kelemahan atau kelebihan, yang jelas semakin hal ini saya pikirkan, semakin ragu saya dengan diri saya sendiri. Ujung-ujungnya kalau saya ragu, orang-orang di sekitar saya kena imbasnya, saya jadi menarik diri dan kehilangan kepercayaan ke orang-orang di sekitar saya.

Ya itu tadi sih sedikit cerita yang ada di pikiran saya akhir-akhir ini. Semoga saja, besok si Nona ikut berkumpul dengan para perantau lagi. Semoga juga cerita kedua memberi gambaran tentang sesuatu (entah sesuatu itu apa, abstrak), saya bisa bilang orang-orang INFJ sebenarnya cuma butuh satu hal kok. Seorang teman, yang entah bagaimana caranya bisa mengerti orang itu gimana, bisa tau kapan harus mensupport, dan bisa maklum ketika ditinggalkan. Teman yang nggak sembarang men-judge, yang nggak sembarang ‘menampar’ tetapi masih bisa mengembalikan orang itu ke realita ketika dia melayang bebas di dalam imajinasinya.

Jangan-jangan saya kesepian ya ?
Tetapi dengan semua syarat itu sampai sekarang sih, saya baru ketemu satu orang.

By Radtyo  (http://radtyo.blogspot.com/2012/03/refleksi.html)

3D_animated_vector_globe

assalamu’alaikum! sashiburiiii, rasanya udah lama saya beneran nulis di sini. nyampaaaaah terus. biasa, sindrom galau akut agak melanda saya kemarin daaan postingan ini ajibnya akan menjelaskan segala perilaku saya yang random, ohoho.

udah pernah ada ya di postingan sebelumnya, saya sukaaa banget mempelajari kepribadian dan sebagai remaja-setahun-lagi-20tahun-jadi-apa-masih-cocok-dianggep-remaja yang severely self-conscious, hahay, saya terus mencari definisi diri saya. buat beberapa orang, aksi saya ini terkesan seperti ngebatesin definisi pribadi banget, sangat konsekuensial untuk mempersempit ruang self improvement nantinya. yeah, i am not you, hey people. diri ababil ini dianugrahi rasa penasaran terus menerus oleh Allah untuk mendefinisikan dirinya demi mencari metode self improvement yang tetap, plus jugademi menemukan potensi lain yang udah Allah titipin ke diri ini. so accept me all the same, yeah?

proses pencarian ini kemudian mendaratkan saya pada satu kesimpulan yang memberi banyak penerangan pada saya. berdasarkan MBTI (yang merupakan klasifikasi kepribadian paling oke sampai saat ini menurut PerC), saya ini intuitif, perasa, penilai, dan surprisingly… INTROVERT! AHA!

dengan memanjatkan syukur ke hadirat Allah, akhirnya saya nemu lagi satu titik perdamaian dengan diri saya sendiri. buat banyak orang, saya terlihat outgoing, sanguinis (yang ini bener sih), stand out in the crowd, dan ladida ladidum lalala extrovert lainnya. the bittersweet truth is… saya ngga pernah senyaman itu ketika berada di kerumunan. yeah, i get energized by people, but only from my dear closest people. ini menjelaskan pertanyaan saya ke diri saya sendiri, kenapa sih saya kayak punya koefisien gesek statis yang gedeee banget setiap pengen muncul di crowd untuk jangka waktu yang lama? the answer is really simple: i am exhausted by crowd. di awal, emang saya bisa keliatan super heboh kayak presenter-presenter DahSyat,  lalu lama-lama, pet! mati lampu. entah, crowd menghisap energi saya seperti black hole.

ini juga yang menyebabkan kadang-kadang saya ngerasa kayak alien, suka beda sendiri. temen saya pernah bilang kalo saya irasional (dan anehnya saya seneng dianggep gini). mungkin harusnya ga cuma ada buku why men are from mars and women are from venus, tapi juga why alya is from the planet where Darth Vader is born. oke, itu ide yang random abis.

moving on! sebagai INFJ! dominant function saya adalah Introverted Intuition which is the most awesome thing that ever happens in my life and sadly, i only found this function awesome today. ini menjelaskan pengalaman-pengalaman clairvoyant saya dulu dan menjelaskan banget kenapa saya suka dapet kesan instan tentang orang asing, feeling ga enak kalo temen ada apa apa, dan kenapa akhirnya saya kesel sama diri sendiri karena kesannya ko saya gampang banget suuzhan, hahaha. alhamdulillah, Introverted Intuition yang emang bikin saya jadi bisa memproses secara ga sadar ini membawa point of peace lain buat saya 🙂

haaaa, rasanya pengen nulis lebih banyak lagi tapi berhubung, yah, LJ bukan blog provider yang bisa sangat diandalkan (baca: kalo internet lelet biasanya draft yamg udah saya bikin panjang-panjang tau-tau ilang aja, HUH), cukup sekian sepertinya. mungkin saya bakal lanjut nulis lagi tentang ini, mungkin ngga, tapi alhamdulillah, saya cukupkan tulisan saya di sini dulu.

banyak situs internet yang bilang kalo INFJ itu paling langka di US.
di Indonesia? hoooo, entahlah ya.

hey, whoever you are, if you’re an INFJ, don’t feel like you’re alienated. we’re just as ordinary and as unique as anyone else. stay genuine. embrace out weaknesses like we greet our old friends. be brave. step out. perhaps, God created us as the fewest mankind because we’re like high notes, exotic seasoning or hormones (?). the world doesn’t need us in great numbers, but we can give a great deal of change -positive change, i wish- for the world for being who we are 🙂

by : alyahant (http://alyahanant.livejournal.com/48114.html)

3D_animated_vector_globe

Prolog

Saya menemukan INFJ nyaris tanpa kesengajaan (baca: apa ada yg namanya kebetulan dalam hidup?), saat itu saya sedang mengirim email, namun waktu menunggu upload cukup lama, tiba-tiba terpikir saya selalu kebingungan setiap mengisi psikotes utk mendapatkan pekerjaan. Ah iseng aku ketik di google, personality test, I have no idea di hal. Pertama yg mana yg harus aku pilih, saya klik situs humanmetric.com, aku selesaikan tes (saya ga tau sama sekali bahwa itu adalah tes MBTI) lalu submit lihat hasil, didapatlah INFJ,

1

apaan ini, aku ketik di google INFJ, dgn profile yang cukup mencengangkan, INFJ didaulat tipe kepribadian paling langka, otomatis saya langsung merasa syok sendiri; pantas saja pikir saya, saya selama ini memang merasa berbeda dengan orang lain, tapi saya tidak mengerti kenapa saya berbeda..

similarmind2Saya cari lagi profile yang lain, dan cukup freak juga ketika melihat profil yang nyaris sedetail itu meng x-ray diri saya yang sesungguhnya.., ada sedikit perasaan lega dan tenang.. Ya ini menjelaskan semua perilaku saya selama ini, dan saya normal: yeea…, setelah itu tibalah masa penolakan diri, masa aku seaneh itu ya, sebeda itu dengan orang lain dan selangka itu?.. Aku tes lagi di situs yg sama, dan mendapat hasil yang sama, trus aku tes lagi di situs yangg lain, similarminds.com, sama jg, masih penasaran saya tes lagi di situs lain dan sama juga, sudahlah berarti memang aku INFJ..

cognitivequizcom2

Tibalah fase kedua, fase penerimaan diri, didalam fase ini saya mengumpulkan tenaga untuk mencari informasi sebanyak-banyaknya tentang apa itu INFJ, kata yg baru aku kenal, tapi sangat menarik dan membuat penasaran pada waktu itu, di fase ini saya mulai memahami diri saya yang tergambar jelas sesuai deskripsi INFJ, saya memang beda, misterius, rumit, sulit dimengerti dan abstrak, saya mulai menerima itu.., namun secara pribadi saya kurang suka disebut aneh apalagi tidak normal :D, mengapa? Karena bagi saya julukan tersebut tidak adil, tendensi justifikasi tanpa didasari pengertian, bagi saya normal itu hanyalah sebuah persepsi kaum terbanyak mendefinisikannya dan mereka menganggap semua org seperti itu (“normalnya”), lalu mencap orang yang berbeda dengan kaum terbanyak sesuka mereka (pdhal umumnya mereka tidak mengerti), jika kami INFJ lebih banyak maka definisi normal akan berubah seperti bagaimana kaum INFJ mendefinisikannya. – namun yang terpenting dan  paling indah adalah saling menghargai dalam perbedaan.  Bagi saya akan lebih bijak untuk  memahami sesuatu terlebih dahulu sebelum menilai.

PsikologizoneFase selanjutnya adalah fase dimana INFJ menyelamatkan saya..(Thx to Carl Jung) karena sebelum mengetahui mengenai INFJ.. Hampir seumur hidupku habis dgn bertanya  mengapa aku berbeda dgn org lain, semasa sma aku pernah kebingungan apakah aku alien?  Apakah aku tidak normal? Apakah benar aku aneh? Sulit bagi orang lain untuk memahami saya, apa yg salah? Ternyata memang tidak ada yg salah, aku hanya langka (umumnya dipercaya 1% populasi dunia).. Jadi mereka tidak terbiasa dgn jenis kepribadian ini, mereka bukan hanya tidak terbiasa tapi kebanyakan tidak mengetahui apa itu INFJ.

Epilog.
Saya ingin bisa lebih dipahami karena saya memang ingin diperlakukan sebagaimana umumnya manusia.  Saya memang sedikit berbeda, dan saya bangga akan diri saya!.

original_2

By : ARM (mulia.rahman.andri@gmail.com)

3D_animated_vector_globe

So let me begin by recalling my past 🙂

Sebagai seorang anak kecil, gw terbilang anak penurut, teratur,pintar, hanya saja tidak suka belajar 🙂 Hobi bermain bersama teman, berbagi jajanan, dan melakukan “petualang2an” kecil.
Had much fun with friends, tapi gw inget kebiasaan dulu, bawa kain batik punya mama, dibawa ke loteng, kain itu gw iket-simpul di sela2 tiang besi jemuran bikin semacem ayunan, and lay down there for hours. Loteng dan ayunan itu semacem “sanctuary” gw dan disana bebas bermimpi, berimajinasi, dan memikirkan hal2 menyenangkan lainnya.

Beranjak remaja, dan tergabung dalam sebuah geng, gw dikenal sebagai provokator dan biangnya rusuh 😀 tapi ga jarang gw feel awkward in many situation, sering tiba2 merasa lelah secara emosional dan hanya ingin sendiri. Sifat yang terlihat bertolak belakang kaya gitu banyak ga dipahami orang, termasuk gw sendiri. Saat itu gw anggap mungkin hanya sebagaifase peralihan menuju dewasa.

Semakin berpikir, semakin berkontemplasi, semakin merasa, semakin banyak juga kontra yang gw rasakan terhadap sekitar, membuat gw kebingungan, dan pada saat yang sama, gw selalu internalize semua ‘beban’ yg gw rasakan, karena kenyataannya ide atau hal yang gw sampaikan, sering terasa tidak masuk akal bagi orang-orang. Merasa “sendirian” dan banyak dicap sebagai orang aneh, membuat gw larut dalam dunia sendiri. Ada satu pengalaman remaja gw yang humor
sekaligus horor, adalah ketika mama tercinta sampe memeriksanakan gw ke dokter syaraf, she must be afraid something wrong with me or whether my “strange” behavior lead to
mental disease. ohhh holylord!!! :))

Selanjutnya, gw berusaha bersikap se”normal” mungkin, hidup seperti kebanyakan, walopun pada akhirnya membuat gw semakin depressed. Setahun belakangan, semuanya berubah, ketika gw menemukan semacem tes kepribadian, dan mendapatkan hasil INFJ. Sejauh ini deskripsi tentang INFJ, mampu memaparkan secara detail tentang kepribadian gw yang sebenarnya, walaupun awalnya agak shock, dan ada sedikit denial dan penasaran, gw terus mencari informasi seputar INFJ. Amazingly, gw menemukan pattern yang sama dari para INFJ tidak terkecuali mereka yang berada di belahan lain dunia. Mengetahui dan memahami bahwa gw adalah seorang INFJ mengubah hidup gw, klo bahasa puitis nya, INFJ ‘menyelamatkan’ hidupku 😀 Gw ini normal, normal dengan segala pemikiran rumit gw, normal dengan sifat introvert gw, dan normal dengan hiper sensitivitas yang gw milikin. Orang seperti gw hanya jarang aja ditemuin. All of my ‘strange’ behavior was somewhat explainable.

Seandainya semua orang mempunyai pengetahuan mengenai tipe kepribadian orang lain, terutama INFJ, mungkin gw dan fellow yg lain ga begitu saja dicap aneh, dan disalah artikan. Gw berharap fellow yang lain tidak mengalami fase terpuruk seperti yang gw alamin, hopefuly mereka mendapat support system dari lingkungan sekitar, karena bagaimanapun, ketika visi kita terwujudkan, gw yakin dunia ini akan lebih indah~

dedicated to all INFJ fellow in Indonesia..

By : @kinanmilia

 

3D_animated_vector_globe

myerssTeori psikologi mengenai tipe kepribadian diperkenalkan oleh Carl Jung pada tahun 1920 yang kemudian dikembangkan oleh Isabel Briggs Myers pada tahun 1940, dikenal sebagai MBTI® (Myers Briggs Type Indicator). Tujuan dari MBTI® ini adalah agar teori psikologi yang dibuat Carl Jung menjadi lebih mudah dipahami dan agar mempunyai manfaat bagi kehidupan manusia. Instrumen MBTI® didapat dari 4 hal preferensi dasar yang dijelaskan dalam teori Carl Jung. 4 hal tersebut melahirkan 16 jenis kepribadian.

Preferensi dasar tersebut diantaranya:

1. Dunia yang dipilih. Mana yang membuat anda fokus, dunia luar atau dunia dalam diri sendiri. Dengan kata lain Extroversion (E) atau Introversion (I)

2. Informasi. Mana yang anda pilih, fokus pada informasi dasar yang diperoleh atau memilih      memberi interpretasi dan menambah nilai/arti. Hal ini  yang disebut Sensing (S) atau Intuition (N)

3. Pengambilan Keputusan. Dalam mengambil keputusan, apakah terlebih dahulu menggunakan logika dan konsistensi, atau terlebih dahulu melihat subjek dan keadaan yang sedang terjadi. Hal ini disebut Thinking (T) atau Feeling (F)

4. Struktur. Dalam berhadapan dengan dunia luar apakah anda memilih melakukan hal-hal yang telah ditetapkan atau memilih untuk tetap terbuka akan berbagai informasi dan kemungkinan. Hal ini disebut Judging (J) atau Perceiving (P)

MBTI mbti-step-1

Tipe kepribadian anda bisa dilihat dari perpaduan 4 preferensi tersebut. MBTI® membuat daftar instrumen berupa tabel 16 jenis kepribadian seperti berikut:


mbti

mbti_animals1

jung picSeperti telah diketahui sebelumnya, instrumen MBTI® dikembangkan dari teori psikologi milik Carl Jung. Carl Jung sendiri seorang INFJ. MBTI® semenjak tahun 1962 telah banyak dipergunakan orang-orang dan membawa banyak manfaat dalam mengetahui tipe kepribadiannya dan aplikasi di kehidupan sehari-hari.

3D_animated_vector_globe

MBTI® and MYERS-BRIGGS TYPE INDICATOR® are registered trademarks and MYERS-BRIGGS™ is a trademark of Consulting Psychologists Press, Inc., the publisher of the MBTI instrument. This website is not affiliated with and is not a licensee of Consulting Psychologists Press, Inc.

                                   Introverted Intuition, Extroverted Feeling–A look at the INFJ By: Anthony Myre

Dari 16 Tipe kepribadian MBTI (Myers-Briggs Type Indicator®, INFJ, dapat ditemukan dari sekitar 1% dari total populasi. Dan merupakan tipe yang paling langka.  Sementara saya bangga menjadi anggota (INFJ) yg eksklusif, sekumpulan manusia yang menakjubkan.  Saya tidak dapat menahan kekecewaan saya bahwa kami mewakili sebagian kecil dari kemanusiaan.  INFJs adalah harta karun yang langka, dan artikel ini dibuat dengan penuh kasih baik sebagai penghargaan kepada sesama“Councelor”, sebagaimana kita sering disebut, dan juga untuk mendidik orang lain mengenai  jenis kepribadian yang indah ini. Dan harus saya akui, saya sedikit membual :D.

INFJ hidup di dunia yang penuh dengan kemungkinan2 yang tak terbatas, teori, angan-angan, dan khayalan. Menghabiskan sejumlah besar waktu dengan tenggelam didalam pikirannya.  Seorang INFJ memiliki imajinasi yang sangat hidup, dan menikmati kehidupan didalam dunia khayalan yg diciptakan pikirannya sendiri. Tapi pada saat yang bersamaan ia selalu meneliti keadaan disekitarnya, mencari  pengertian dunia, dan menemukan pola didalam alam semesta. Intuisinya yang sangat berkembang memungkinkan dia untuk mengkategorikan dan mereferensi silang setiap bit informasi yang ia terima, sehingga ketika saatnya tiba mengingat kembali fakta, dia membuat serangkaian lompatan intuitif untuk memancing fakta dari dalam relung pikirannya.  Hal ini menghasilkan salah satu sifat dari INFJ — INFJ dapat memberitahu tahu Anda apa yang dia tahu, tapi dia tidak bisa memberitahu Anda bagaimana dia tahu itu.  Pengetahuan itu seperti tiba2 ada disana, dengan input sensorik yg masih berbentuk asli namun  informasi tsb dimungkinkan disimpan didalam otak dalam waktu lama yg sudah terlupakan. Sebagai contoh ketika saya ditanya pertanyaan2 Trivia (Sepele), saya bisa merasakan pikiran saya berpacu  pada kecepatan sekitar 40.000 mph. Melakukan perjalanan melalui labirin, referensi silang dari ide, dan yang paling penting, perasaan,  sampai tiba kepada jawabannya. Orang sering kagum pada kemampuan INFJs untuk dapat melakukan hal ini, untuk dapat mengetahui hal-hal yang seharusnya tidak ia tahu. (Sejujurnya, kami juga terkadang kagum dengan diri kita sendiri dengan kemampuan ini!)

INFJ juga sangat pantas untuk disebut sebagai “juaranya orang2 tertindas”, dia sangat peduli dengan nasib kemanusiaan, dan dia memiliki dorongan yang sangat kuat untuk ”Menyelamatkan Dunia”.  Dia percaya bahwa dia memiliki tujuan besar dalam hidup, dan dia secara terus-menerus memimpikan untuk dapat membuat dunia sesuai dengan visi ideal mereka. Pengabdian yang penuh gairah terhadap alasan tersebut dapat mengarahkan mereka mengambil peran seorang aktivis.

Seorang INFj memegang teguh dengan kuat keyakinannya dan nilai2nya yang berakar kuat. Dia tampaknya tak tergoyahkan dengan penilaiannya dan pendapatnya, dan tidak mudah terpengaruh dengan argumen orang lain. Pemikiran INFJ tidak berubah oleh  argumen logis dan rasional, tetapi berdasarkan pada proses internal yang panjang melibatkan analisis/pemikiran dalam diri sendiri. INFJ juga kadang dilihat sebagai keras kepala dan berpikiran tertutup (close-minded), padahal pada kenyataannya dia mengambil semua aspek dari argumen tersebut, lalu mengalihkan semua informasi itu kedalam pikirannya, dan dipikirkan secara mendalam tentang bagaimana perasaan dia terhadap informasi yang dia terima/dapatkan.  Untuk benar-benar dapat menilai bagaimana Perasaan seorang INFJ tentang sesuatu,  akanlah sangat bijak untuk mengajukan argumen anda, lalu menunggu selama yang diperlukan untuk mendapatkan tanggapan tersebut.

Walaupun INFJ lebih memilih untuk menghabiskan sebagian besar waktunya untuk tinggal di dunia yang diciptakan pikirannya, namun ia juga memiliki kebutuhan mendalam untuk menjalin hubungan dengan orang lain. Menjadi seorang yang Introvert sejati, hal ini kadang menyebabkan adanya sedikit konflik.

INFJ kadang sering curiga dengan orang lain, hal ini berkat kemampuan luar biasa mereka untuk merasakan kebaikan atau kejahatan yg ada pada orang lain.  INFJ berjuang untuk dapat mengatasi kecurigaan-kecurigaan tersebut, sehingga mereka dapat membuat hubungan yang penting dengan orang-orang baik.

Seorang INFJ mempunyai kebutuhan untuk memahami orang lain, dan pada umumnya mereka bisa melakukannya.  Karena  kemampuan intuisinya yang peka,  ia sering dianggap sebagai seorang visioner, seorang paranormal, atau mistis.  Orang-orang terkadang didapati polos terbaca oleh INFJ yang mempunyai bakat luar biasa dalam memahami orang lain, dan untuk merasakan pikiran dan emosi orang lain, seringkali bahkan sebelum si subjek menyadari diri mereka sendiri! ((Saya sendiri selalu melawan dorongan kuat untuk menyelesaikan kalimat orang lain, meskipun saya tahu apa yang akan mereka  katakan :D).  Hampir mustahil untuk menipu seorang INFJ mengenai emosi yg sedang anda rasakan. Banyak orang yg menolak adanya kemampuan ini  dan bahkan memusuhinya dan menjadi defensive karenanya.

Seorang INFJ adalah orang yang sangat menghargai keleluasaan pribadi, dan sulit untuk dikenal lebih jauh.  Dia tenang dan pendiam, hanya berbagi pikiran terdalam mereka dan perasaan mereka hanya pada beberapa orang yang mereka percaya.  Mereka rapuh dan mudah terluka, sehingga mereka selalu “waspada” setiap saat.  Mereka membenci segala macam konflik atau berbagai macam ejekan, dan menyadari bahwa visi ideal mereka terhadap dunia, dan memiliki kecenderungan untuk bertindak berdasarkan perasaan mereka, (betapapun mereka mungkin seperti tidak rasional), akan dipandang dengan negatif dan skeptis oleh para “pemikir” dalam masyarakat, dia enggan untuk berbagi pikirannya yang rumit, ide2nya yang indah dengan orang lain.  Hampir semua INFJ dewasa (termasuk saya) telah mendapatkan sebuah pelajaran penting apabila terlalu “terbuka” dengan orang lain.  Hal ini sangat disayangkan, karena INFJ mempunyai wawasan dan kemampuan unik untuk dibagikan pada dunia…

…. Andai kami lebih dimengerti

Informasi dalam artikel ini berasal dari beberapa bulan penelitian yang melelahkan, berdiskusi dengan INFJs lainnya, dan, tentu saja, pengalaman saya sendiri. Berkat Joe Butt, Marina Margaret Heiss, Sandra Krebs Hirsch, dan Jean Kummerow untuk artikel mereka yang indah dan informatif untuk jenis kepribadian  INFJ. Pekerjaan mereka sangat berharga untuk penelitian saya. E.A. Myre

Diterjemahkan planetinfj dari :
http://freewebs.com/proud2be-infj/infj.html

By: Anthony Myre.

3D_animated_vector_globe

 

Sebagai INFJ mode utama anda dalam kehidupan berfokus kedalam, dimana anda mengambil segala sesuatunya terutama melalui intuisi anda. Mode kedua anda adalah dari luar (eksternal), dimana anda berhadapan dgn segala sesuatu sesuai dengan apa yang anda rasakan terhadapnya, atau bagaimana itu cocok dengan sistem nilai pribadi anda.

f7cae132932588a650494ad3629d3ec3INFJ itu pribadi yang lemah lembut, peduli, dan individu yang mempunyai intuisi yang sangat kuat. Artistik dan kreatif, mereka hidup didunia yang penuh dengan arti tersembunyi dan berbagai kemungkinan. Hanya 1% dari populasi yang mempunyai tipe kepribadian INFJ, membuat mereka menjadi tipe yang paling langka dari semua tipe kepribadian (MBTI).

Sangat penting untuk menempatkan segala sesuatu secara teratur dan sistematis di lingkup luar kehidupan INFJ. Mereka mengerahkan segala kemampuan untuk mengidentifikasi cara terbaik dalam menyelesaikan sesuatu pekerjaan, dan secara terus-menerus mendefinisikan dan meredefinisi prioritas dalam hidup mereka. Namun disisi lain didalam diri mereka INFJ beroperasi dengan cara intuitif yang seluruhnya terjadi secara spontan. Mereka mengetahui segala sesuatu secara intuitif, tanpa bisa menjelaskan dengan tepat mengapa, dan tanpa pengetahuan spesifik mengenai subjek masalah yang ada. Tapi mereka biasanya benar, dan mereka biasanya mengetahuinya. Konsekuensi dari itu semua, INFJ sangat mengandalkan insting dan intuisi mereka. Ini yang terkadang menjadi konflik antara dunia didalam diri mereka dan dunia diluar diri mereka, dan menjadikan INFJ tidak se-terorganisasi seperti tipe “Judging” yang seharusnya. Atau kita bisa melihat beberapa tanda ketidakaturan dari kecendrungan keteraturan yang sebaliknya terjadi, seperti meja kerja yang selalu berantakan.

feel dont thinkINFJ mempunyai pengetahuan yang luar biasa tentang manusia dan terhadap berbagai macam situasi. Mereka mendapatkan “perasaan” terhadap sesuatu hal dan secara intuitif memahaminya. Sebagai contoh ekstrim, beberapa INFJ melaporkan pengalaman yang bersifat psikis, seperti mendapatkan perasaan kuat bahwa sedang terjadi masalah dengan orang yang dicintainya, lalu kemudian mereka ditemukan sedang dalam kecelakaan kendaraan. ini adalah hal2 dimana tipe2 lain mencemooh dan mengejek, dan mereka sendiri (INFJ) tidak terlalu mengerti intuisi mereka sendiri kepada level yang dapat diungkapkan dengan kata-kata. Konsekuensi dari itu semua, kebanyakan INFJ menjadi protektif pada batin mereka sendiri. Hanya berbagi ketika mereka memilih untuk berbagi dan kapan mereka memilih untuk berbagi. Mereka pribadi yang dalam, individu yang cukup rumit, dan pada umumnya sulit untuk dimengerti. INFJs menahan sebagian dari diri mereka, dan cenderung suka ber-rahasia.

INFJ SilentINFJ memiliki kepribadian yang hangat, meskipun mereka kompleks. INFJ mempunyai tempat yang spesial dihati orang2 yg dekat pada mereka, orang2 yg dapat melihat anugrah khusus mereka dan kedalaman kepedulian mereka. INFJ sangat peduli pada perasaan orang lain, dan mencoba dgn lemah lembut untuk menghindari melukai perasaan orang lain. Mereka sangat sensitif terhadap konflik/masalah, dan tidak bisa mentoleransinya dgn cukup baik. Situasi yang penuh dgn konflik, dapat menjadikan INFJ yang pada dasarnya damai pada keadaan bergejolak atau kemarahan yg tertumpuk. Mereka cenderung untuk menginternalisasi konflik kedalam tubuh mereka, dan mengalami masalah kesehatan pada kondisi stress berat.

INFJ-1Karena INFJ mempunyai kemampuan intuisi yang sangat kuat, mereka mempercayai insting mereka dibanding hal lainnya. Ini yang kadang menjadikan kekeraskepalaan seorang INFJ dan kecendrungan untuk mengabaikan pendapat orang lain. Mereka percaya bahwa mereka benar.  Pada sisi lain INFJ adalah seorang Perfeksionis yang ragu bahwa mereka telah hidup pada potensi penuh mereka. INFJ jarang mencapai kedamaian penuh dgn diri mereka – selalu saja ada cara untuk meningkatkan keadaan diri mereka dan dunia disekitar mereka. Mereka percaya pada pertumbuhan yang konsisten, dan jarang meluangkan waktu untuk bersenang-senang dalam pencapaian mereka. Mereka memiliki sistem nilai yang sangat kuat, dan memiliki kebutuhan untuk menjalani kehidupan sesuai dengan apa yg mereka rasa benar. Sebagai penanda terhadap aspek “Feeling” dalam kepribadian mereka, INFJ disisi lain lemah lembut dan pandai bergaul (easy going). Namun sebaliknya, mereka memiliki ekspektasi tinggi terhadap diri mereka, dan seringkali juga terhadap keluarga mereka. Mereka tidak percaya untuk mengkompromikan idealisme mereka.

INFJ safeINFJ adalah seorang pengasuh alami, sabar, setia dan protektif. Mereka menjadi orang tua penuh kasih sayang, dan biasanya memiliki ikatan yang kuat dengan keturunannya. Mereka memiliki harapan yg tinggi terhadap anak2 mereka, dan mendorong mereka menjadi yg terbaik yang mereka bisa. Hal inilah yang kadang mewujudkan seorang INFJ menjadi keras kepala dan bandel. Tetapi pada umumnya anak2 dari INFJ mendapat pengabdian dan bimbingan orang tua yang tulus, digabungkan dengan mendapat perhatian yang mendalam.

Didalam dunia kerja INFJ biasanya muncul di daerah di mana mereka bisa kreatif dan mungkin agak independen. Mereka memiliki hubungan alamiah dengan seni, dan banyak yg berprestasi dalam bidang ilmu pengetahuan (sciences), di mana mereka memanfaatkan kemampuan intuisi mereka. INFJ kadang juga ditemukan pada profesi yang berorientasi pelayanan, mereka tidak pandai berurusan dengan rincian-rincian yg tidak penting dan tugas-tugas yang terlalu mendetail. INFJ akan menghindari hal2 seperti itu, atau akan jatuh ke sisi ekstrim lain, dan menjadi terlalu terfokus dengan detail dimana mereka tidak bisa lagi untuk melihat gambaran besar. Seorang INFJ yang telah menjadi sangat teliti terhadap detail bisa menjadi sangat kritis terhadap orang lain yang seharusnya tidak begitu.

Individu INFJ dikaruniai anugrah yang tipe lain tidak mereka dapatkan. Hidup tidak selalu mudah bagi INFJ, tapi mereka mampu untuk memiliki kedalaman perasaan yang hebat dan mencapai pencapaian pribadi.

infj.truth

Karir untuk INFJ

Apakah anda seorang dewasa muda yang sedang mencari tempat anda didunia, atau dewasa yang sudah tidak terlalu muda lagi yang sedang mencari tahu  apakah  anda sedang berjalan dijalur yang tepat, sangatlah penting untuk mengetahui diri anda yang sesungguhnya dan karakter sifat anda akan berpengaruh terhadap sukses atau gagal dalam berbagai karir tertentu.  Ini sama pentingnya juga untuk memahami apa yang benar-benar penting bagi Anda.  Saat dibekali pengertian tentang kelebihan dan kelemahan kita, dan kesadaran mengenai nilai sebenarnya diri anda.  Anda berada di posisi yang tepat untuk memilih karir yang menurut anda bermanfaat.

INFJs umumnya memiliki ciri-ciri sebagai berikut:

* Intuitif memahami orang dan situasi
* idealistis
* sangat berprinsip
* Komplek dan mendalam
* pemimpin alami
* Sensitif dan penuh kasih terhadap orang-orang
* Berorientasi melayani.
* Berorientasi masa depan
* Menghargai hubungan yang mendalam dan otentik.
* Berhati-hati mengekspresikan diri mereka yang sebenarnya.
* Tidak suka berurusan dengan detail kecuali meningkatkan atau mempromosikan visi mereka
* Terus-menerus mencari makna dan tujuan dalam segala sesuatu.
* Kreatif dan visioner
* Intens dan Sangat Reaktif (Tighly Wound=sangat tegang, tidak bisa tenang, dan sangat reaktif)
* Dapat bekerja secara logis dan rasional – menggunakan intuisi mereka untuk memahami tujuan    dan bekerja mundur ke arah itu

INFJ adalah pribadi istimewa yang membutuhkan lebih dari karier daripada pekerjaan, mereka perlu merasa bahwa semua yang mereka lakukan dalam hidup mereka selaras dengan sistem nilai yang kuat didalam diri mereka – dengan apa yang mereka yakini benar. Oleh karena itu, INFJ harus memilih karir di mana mereka dapat menjalani kehidupan mereka sehari-hari sesuai dengan prinsip mereka yg sangat diyakininya, dan yang mendukung mereka dalam pencarian hidup mereka untuk melakukan sesuatu yang bermakna. Karena INFJs memiliki sistem nilai yang sangat kuat, dan visi intuitif persisten yang membuat mereka memiliki rasa “tahu”, mereka akan menjadi lebih baik bila berada diposisi pemimpin daripada pengikut.  Meskipun mereka akan dengan senang hati mengikuti seseorang yang sejalan dengan apa yang mereka (INFJ) dukung, tapi mereka mungkin akan sangat tidak nyaman mengikuti alasan lainnya.

Berikut daftar profesi yang dibangun berdasarkan kesan kami akan karir yang sangat cocok untuk INFJ, Hal ini dimaksudkan untuk menjadi tempat awal, daripada suatu daftar yang lengkap. Tidak ada jaminan bahwa setiap atau semua karir tercantum di sini akan sesuai untuk Anda, atau karir terbaik anda adalah di antara yang terdaftar disini.

Kemungkinan Jalur Karir untuk INFJ:

* Rohaniwan / Pekerjaan Keagamaan
* Guru
* Dokter / Dokter Gigi
* Praktisi Alternatif Kesehatan ; Chiropractor, refleksologi
* Psikolog
* Psikiater
* Konselor dan Pekerja Sosial
* Musisi dan Artis
* Fotografer
* Perawatan Anak / Pengembangan Anak Usia Dini

INFJ Relationship

Infj adalah pribadi yang hangat dan juga tipe yang suka menguatkan dan juga biasanya mendalam dan kompleks.  Mereka cenderung mencari dan mendukung hubungan yang kuat dan bermakna. Mereka cenderung perfeksionis, dan selalu berjuang untuk Hubungan yang paling puncak (ultimate relationship). Sebagian besar, ini adalah sifat yang positif, namun terkadang berfungsi sebaliknya (menjadi negatif) pada INFJ jika mereka jatuh ke dalam kebiasaan berpindah dari satu hubungan ke hubungan, selalu mencari mitra yang lebih sempurna.  Secara umum, INFJ adalah orang yang sangat hangat dan penuh perhatian dan banyak menginvestasikan untuk “kesehatan” hubungan erat mereka,dan menhabiskan banyak upaya untuk tetap membuatnya positif.  Mereka dihargai oleh orang-orang yang dekat dengan mereka akan kualitas-kualitas spesial mereka. Mereka mencari hubungan jangka panjand dan untuk seumur hidup, meskipun mereka tidak selalu mendapatkannya.

Kekuatan INFJ

* Hangat dan menguatkan secara alamiah.
* Berdedikasi untuk mencapai hubungan yang paling puncak (ultimate relationship).
* Sensitif dan peduli pada perasaan orang lain
* Biasanya memiliki kemampuan komunikasi yang baik, terutama komunikasi tertulis.
* Memandang komitmen mereka dengan sangat serius, dan mencari hubungan seumur hidup.
* Memiliki harapan yang sangat tinggi untuk dirinya dan orang lain (baik kekuatan dan kelemahan)
* Pendengar yang baik
* Mampu untuk melanjutkan setelah hubungan telah berakhir (begitu mereka yakin telah berakhir)

Kelemahan INFJ

* Kecenderungan untuk merahasiakan sebagian dari diri mereka.
* Kurang baik dengan uang dan dalam kebutuhan hidup praktis sehari-hari.
* Tidak menyukai secara ekstrem segala bentuk konflik dan kritik.
* Memiliki harapan yang sangat tinggi untuk dirinya dan orang lain (baik kekuatan dan kelemahan).
* Memiliki kesulitan untuk meninggalkan hubungan yang buruk.

INFJ dalam hubungan asmara

” Untuk mencintai berarti membuka diri untuk dapat menerima hal-hal negatif dan juga positif – kesedihannya, penderitaannya, dan kekecewaan serta sukacitanya, pemenuhannya, serta intensitas kesadaran yang kita tidak mengetahui sebelumnya bahwa itu mungkin dilakukan.” – Rollo May

INFJ pribadi yang hangat, perhatian kepada pasangannya dan merasakan kedalaman cinta yang hebat terhadapnya.  Mereka menikmati untuk menunjukkan cintanya, dan menginginkan untuk mendapatkan afirmasi balik dari pasangannya.

Mereka seorang perfeksionis, selalu berusaha untuk mencapai hubungan yang paling puncak (ultimate relationship).  Hal ini terkadang bisa membuat frustasi pasangan mereka, yang merasa menjadi subjek dari sifat menuntut keperfeksionisan mereka. Namun, mungkin juga akan sangat dihargai, karena hal itu menunjukkan komitmen yang tulus terhadap hubungan tersebut, dan juga kedalaman kepedulian yang biasanya tidak hadir pada tipe jenis lain.

secara Seksual, INFJs melihat keintiman sebagai pengalaman hampir secara spiritual.  Mereka merangkul kesempatan untuk mengikat hati dan jiwa mereka kepada pasangan mereka.  Sebagai individu yang berorientasi melayani, sangat pengting bagi mereka bahwa pasangan mereka bahagia.  Keintiman adalah kesempatan bagi INFJ untuk memberi tanpa pamrih cinta mereka, dan mengalaminya dengan dengan cara yang nyata.

Meskipun dua individu yang berkembang dengan baik dari jenis apa pun dapat menikmati hubungan yang sehat, mitra alami INFJ adalah yang ENTP, atau ENFP. Fungsi dominan INFJ yaitu Intuisi Introvert (Introvert Intuition) paling cocok dengan tipe kepribadian yang didominasi oleh Intuisi Extraverted (Extraverted Intuition).

INFJ Sebagai Orang Tua

” Kau adalah busur dari anak-anakmu sebagai anak panah “hidup” yang diutus untukmu.
Biarkan lentur di tangan pemanah untuk sukacita;
Karena sebagaimana Dia mengasihi anak panah yang berterbangan,
juga Dia mengasihi busur yang stabil”  — Kahlil Gibran

INFJ biasanya menjadi orang tua yang hangat dan sangat peduli. Tujuan mereka adalah untuk membantu anak-anak mereka menjadi manusia dewasa yang tahu perbedaan antara benar dan salah, independent, dan individu yang berorientasi kepada perkembangan.

Dalam menuju tujuan mereka, umumnya mereka sangat hangat dan penuh perhatian, dan cenderung memperlakukan anak-anak mereka sebagai individu yang memiliki suara dalam pengambilan keputusan keluarga. Mereka ingin anak-anak mereka untuk bisa berpikir sendiri, dan membuat keputusan yang tepat. Mereka juga bisa sangat menuntut pada anak-anak mereka, dan mungkin memiliki harapan yang sangat tinggi pada tingkah laku mereka. Meskipun mereka umumnya bersuara lembut dan lemah lembut, mereka bisa menjadi keras kepala dan berlidah tajam pada waktu ketika harapan mereka tidak terpenuhi, atau ketika berada di bawah banyak tekanan.

INFJs mengambil peran orangtua mereka dengan keseriusan tertinggi. Mereka akan berkorban demi anak-anak mereka tanpa berpikir, dan tanpa penyesalan. Menyampaikan nilai-nilai mereka kepada anak-anak mereka merupakan prioritas serius dalam kehidupan mereka. Anak-anak dari INFJ mengingat orang tua mereka yang penyayang sebagai hangat, sabar, dan menginspirasi.

INFJ Sebagai Teman

Meskipun INFJ menempatkan teman setelah Tuhan dan keluarga dalam hubungannya dengan prioritas kepentingan, mereka sangat menghargai nilai pertemanan. Sebagai seorang idealis yang mempunyai nilai yang sangat kuat, INFJ mencari otentisitas dan kedalaman dalam hubungan dekat mereka, dan terutama menghargai orang-orang yang dapat melihat dan menghargai INFJ atas sebagaimana mereka adanya dan apa yang mereka perjuangkan.

INFJ cenderung menghabiskan banyak waktu bersosialisasi dengan anggota keluarga mereka. Jika mereka religius, mereka akan bersosialisasi jugan dengan anggota komunitas religius mereka. Setelah itu, INFJ mungkin memiliki teman yang diwakili dari berbagai tipe kepribadian yg mana saja. Mereka biasanya individu yang sangat intuitif, yang tidak memiliki kesabaran bagi siapa saja yang mereka anggap tidak jujur dan korup. Mereka tidak tertarik untuk bersama dengan orang-orang semacam itu.

Semua jenis orang tertarik terhadap INFJ. Mereka biasanya cukup populer, meskipun mereka mungkin tidak menyadari hal itu, karena mereka tidak menganggap penting hal tersebut.

INFJ dihargai oleh teman-teman dekat mereka akan kehangatan dan pribadinya yang penuh pertimbangan, cara baru dan menarik mereka dalam melihat sesuatu, dan akan kemampuan mereka untuk menginspirasi dan memotivasi orang lain untuk menjadi yang terbaik yang mereka bisa.

Diterjemahkan oleh planetinfj.wordpress.com dari :

Portrait of an INFJ,  http://www.personalitypage.com/INFJ.html

3D_animated_vector_globe

INFJ

(Introvert, Intuitive, Feeling, Judging)

“The most beautifull thing we can experience is the mysterious. It is the source of all true art and science.”
Albert Einstein

Blog ini untuk mereka yang merasa berbeda dengan orang lain, merasa asing dengan lingkungannya, atau mungkin disebut orang aneh atau misterius, jika ya, bisa jadi anda tidak aneh anda hanya berbeda, anda unik, kedalaman kepribadian anda tidak dimengerti oleh manusia pada umumnya,  bisa jadi anda seorang : INFJ (Introvert, Intuitive, Feeling, Judging)

Dan ini adalah dunia kami (dunia sukacita rasa, intuisi dan imajinasi).

Untuk mengetahui tipe kepribadian anda menurut MBTI bisa dichek disini :

http://www.psikologizone.com/tes-kepribadian-mbti

3D_animated_vector_globe

MBTI® and MYERS-BRIGGS TYPE INDICATOR® are registered trademarks and MYERS-BRIGGS™ is a trademark of Consulting Psychologists Press, Inc., the publisher of the MBTI instrument. This website is not affiliated with and is not a licensee of Consulting Psychologists Press, Inc.