Portrait of INFJ – The Personality Page

Posted: May 24, 2013 in Profil INFJ (Introvert, Intuitive, Feeling, Judging)
Tags: , , , , , ,

 

Sebagai INFJ mode utama anda dalam kehidupan berfokus kedalam, dimana anda mengambil segala sesuatunya terutama melalui intuisi anda. Mode kedua anda adalah dari luar (eksternal), dimana anda berhadapan dgn segala sesuatu sesuai dengan apa yang anda rasakan terhadapnya, atau bagaimana itu cocok dengan sistem nilai pribadi anda.

f7cae132932588a650494ad3629d3ec3INFJ itu pribadi yang lemah lembut, peduli, dan individu yang mempunyai intuisi yang sangat kuat. Artistik dan kreatif, mereka hidup didunia yang penuh dengan arti tersembunyi dan berbagai kemungkinan. Hanya 1% dari populasi yang mempunyai tipe kepribadian INFJ, membuat mereka menjadi tipe yang paling langka dari semua tipe kepribadian (MBTI).

Sangat penting untuk menempatkan segala sesuatu secara teratur dan sistematis di lingkup luar kehidupan INFJ. Mereka mengerahkan segala kemampuan untuk mengidentifikasi cara terbaik dalam menyelesaikan sesuatu pekerjaan, dan secara terus-menerus mendefinisikan dan meredefinisi prioritas dalam hidup mereka. Namun disisi lain didalam diri mereka INFJ beroperasi dengan cara intuitif yang seluruhnya terjadi secara spontan. Mereka mengetahui segala sesuatu secara intuitif, tanpa bisa menjelaskan dengan tepat mengapa, dan tanpa pengetahuan spesifik mengenai subjek masalah yang ada. Tapi mereka biasanya benar, dan mereka biasanya mengetahuinya. Konsekuensi dari itu semua, INFJ sangat mengandalkan insting dan intuisi mereka. Ini yang terkadang menjadi konflik antara dunia didalam diri mereka dan dunia diluar diri mereka, dan menjadikan INFJ tidak se-terorganisasi seperti tipe “Judging” yang seharusnya. Atau kita bisa melihat beberapa tanda ketidakaturan dari kecendrungan keteraturan yang sebaliknya terjadi, seperti meja kerja yang selalu berantakan.

feel dont thinkINFJ mempunyai pengetahuan yang luar biasa tentang manusia dan terhadap berbagai macam situasi. Mereka mendapatkan “perasaan” terhadap sesuatu hal dan secara intuitif memahaminya. Sebagai contoh ekstrim, beberapa INFJ melaporkan pengalaman yang bersifat psikis, seperti mendapatkan perasaan kuat bahwa sedang terjadi masalah dengan orang yang dicintainya, lalu kemudian mereka ditemukan sedang dalam kecelakaan kendaraan. ini adalah hal2 dimana tipe2 lain mencemooh dan mengejek, dan mereka sendiri (INFJ) tidak terlalu mengerti intuisi mereka sendiri kepada level yang dapat diungkapkan dengan kata-kata. Konsekuensi dari itu semua, kebanyakan INFJ menjadi protektif pada batin mereka sendiri. Hanya berbagi ketika mereka memilih untuk berbagi dan kapan mereka memilih untuk berbagi. Mereka pribadi yang dalam, individu yang cukup rumit, dan pada umumnya sulit untuk dimengerti. INFJs menahan sebagian dari diri mereka, dan cenderung suka ber-rahasia.

INFJ SilentINFJ memiliki kepribadian yang hangat, meskipun mereka kompleks. INFJ mempunyai tempat yang spesial dihati orang2 yg dekat pada mereka, orang2 yg dapat melihat anugrah khusus mereka dan kedalaman kepedulian mereka. INFJ sangat peduli pada perasaan orang lain, dan mencoba dgn lemah lembut untuk menghindari melukai perasaan orang lain. Mereka sangat sensitif terhadap konflik/masalah, dan tidak bisa mentoleransinya dgn cukup baik. Situasi yang penuh dgn konflik, dapat menjadikan INFJ yang pada dasarnya damai pada keadaan bergejolak atau kemarahan yg tertumpuk. Mereka cenderung untuk menginternalisasi konflik kedalam tubuh mereka, dan mengalami masalah kesehatan pada kondisi stress berat.

INFJ-1Karena INFJ mempunyai kemampuan intuisi yang sangat kuat, mereka mempercayai insting mereka dibanding hal lainnya. Ini yang kadang menjadikan kekeraskepalaan seorang INFJ dan kecendrungan untuk mengabaikan pendapat orang lain. Mereka percaya bahwa mereka benar.  Pada sisi lain INFJ adalah seorang Perfeksionis yang ragu bahwa mereka telah hidup pada potensi penuh mereka. INFJ jarang mencapai kedamaian penuh dgn diri mereka – selalu saja ada cara untuk meningkatkan keadaan diri mereka dan dunia disekitar mereka. Mereka percaya pada pertumbuhan yang konsisten, dan jarang meluangkan waktu untuk bersenang-senang dalam pencapaian mereka. Mereka memiliki sistem nilai yang sangat kuat, dan memiliki kebutuhan untuk menjalani kehidupan sesuai dengan apa yg mereka rasa benar. Sebagai penanda terhadap aspek “Feeling” dalam kepribadian mereka, INFJ disisi lain lemah lembut dan pandai bergaul (easy going). Namun sebaliknya, mereka memiliki ekspektasi tinggi terhadap diri mereka, dan seringkali juga terhadap keluarga mereka. Mereka tidak percaya untuk mengkompromikan idealisme mereka.

INFJ safeINFJ adalah seorang pengasuh alami, sabar, setia dan protektif. Mereka menjadi orang tua penuh kasih sayang, dan biasanya memiliki ikatan yang kuat dengan keturunannya. Mereka memiliki harapan yg tinggi terhadap anak2 mereka, dan mendorong mereka menjadi yg terbaik yang mereka bisa. Hal inilah yang kadang mewujudkan seorang INFJ menjadi keras kepala dan bandel. Tetapi pada umumnya anak2 dari INFJ mendapat pengabdian dan bimbingan orang tua yang tulus, digabungkan dengan mendapat perhatian yang mendalam.

Didalam dunia kerja INFJ biasanya muncul di daerah di mana mereka bisa kreatif dan mungkin agak independen. Mereka memiliki hubungan alamiah dengan seni, dan banyak yg berprestasi dalam bidang ilmu pengetahuan (sciences), di mana mereka memanfaatkan kemampuan intuisi mereka. INFJ kadang juga ditemukan pada profesi yang berorientasi pelayanan, mereka tidak pandai berurusan dengan rincian-rincian yg tidak penting dan tugas-tugas yang terlalu mendetail. INFJ akan menghindari hal2 seperti itu, atau akan jatuh ke sisi ekstrim lain, dan menjadi terlalu terfokus dengan detail dimana mereka tidak bisa lagi untuk melihat gambaran besar. Seorang INFJ yang telah menjadi sangat teliti terhadap detail bisa menjadi sangat kritis terhadap orang lain yang seharusnya tidak begitu.

Individu INFJ dikaruniai anugrah yang tipe lain tidak mereka dapatkan. Hidup tidak selalu mudah bagi INFJ, tapi mereka mampu untuk memiliki kedalaman perasaan yang hebat dan mencapai pencapaian pribadi.

infj.truth

Karir untuk INFJ

Apakah anda seorang dewasa muda yang sedang mencari tempat anda didunia, atau dewasa yang sudah tidak terlalu muda lagi yang sedang mencari tahu  apakah  anda sedang berjalan dijalur yang tepat, sangatlah penting untuk mengetahui diri anda yang sesungguhnya dan karakter sifat anda akan berpengaruh terhadap sukses atau gagal dalam berbagai karir tertentu.  Ini sama pentingnya juga untuk memahami apa yang benar-benar penting bagi Anda.  Saat dibekali pengertian tentang kelebihan dan kelemahan kita, dan kesadaran mengenai nilai sebenarnya diri anda.  Anda berada di posisi yang tepat untuk memilih karir yang menurut anda bermanfaat.

INFJs umumnya memiliki ciri-ciri sebagai berikut:

* Intuitif memahami orang dan situasi
* idealistis
* sangat berprinsip
* Komplek dan mendalam
* pemimpin alami
* Sensitif dan penuh kasih terhadap orang-orang
* Berorientasi melayani.
* Berorientasi masa depan
* Menghargai hubungan yang mendalam dan otentik.
* Berhati-hati mengekspresikan diri mereka yang sebenarnya.
* Tidak suka berurusan dengan detail kecuali meningkatkan atau mempromosikan visi mereka
* Terus-menerus mencari makna dan tujuan dalam segala sesuatu.
* Kreatif dan visioner
* Intens dan Sangat Reaktif (Tighly Wound=sangat tegang, tidak bisa tenang, dan sangat reaktif)
* Dapat bekerja secara logis dan rasional – menggunakan intuisi mereka untuk memahami tujuan    dan bekerja mundur ke arah itu

INFJ adalah pribadi istimewa yang membutuhkan lebih dari karier daripada pekerjaan, mereka perlu merasa bahwa semua yang mereka lakukan dalam hidup mereka selaras dengan sistem nilai yang kuat didalam diri mereka – dengan apa yang mereka yakini benar. Oleh karena itu, INFJ harus memilih karir di mana mereka dapat menjalani kehidupan mereka sehari-hari sesuai dengan prinsip mereka yg sangat diyakininya, dan yang mendukung mereka dalam pencarian hidup mereka untuk melakukan sesuatu yang bermakna. Karena INFJs memiliki sistem nilai yang sangat kuat, dan visi intuitif persisten yang membuat mereka memiliki rasa “tahu”, mereka akan menjadi lebih baik bila berada diposisi pemimpin daripada pengikut.  Meskipun mereka akan dengan senang hati mengikuti seseorang yang sejalan dengan apa yang mereka (INFJ) dukung, tapi mereka mungkin akan sangat tidak nyaman mengikuti alasan lainnya.

Berikut daftar profesi yang dibangun berdasarkan kesan kami akan karir yang sangat cocok untuk INFJ, Hal ini dimaksudkan untuk menjadi tempat awal, daripada suatu daftar yang lengkap. Tidak ada jaminan bahwa setiap atau semua karir tercantum di sini akan sesuai untuk Anda, atau karir terbaik anda adalah di antara yang terdaftar disini.

Kemungkinan Jalur Karir untuk INFJ:

* Rohaniwan / Pekerjaan Keagamaan
* Guru
* Dokter / Dokter Gigi
* Praktisi Alternatif Kesehatan ; Chiropractor, refleksologi
* Psikolog
* Psikiater
* Konselor dan Pekerja Sosial
* Musisi dan Artis
* Fotografer
* Perawatan Anak / Pengembangan Anak Usia Dini

INFJ Relationship

Infj adalah pribadi yang hangat dan juga tipe yang suka menguatkan dan juga biasanya mendalam dan kompleks.  Mereka cenderung mencari dan mendukung hubungan yang kuat dan bermakna. Mereka cenderung perfeksionis, dan selalu berjuang untuk Hubungan yang paling puncak (ultimate relationship). Sebagian besar, ini adalah sifat yang positif, namun terkadang berfungsi sebaliknya (menjadi negatif) pada INFJ jika mereka jatuh ke dalam kebiasaan berpindah dari satu hubungan ke hubungan, selalu mencari mitra yang lebih sempurna.  Secara umum, INFJ adalah orang yang sangat hangat dan penuh perhatian dan banyak menginvestasikan untuk “kesehatan” hubungan erat mereka,dan menhabiskan banyak upaya untuk tetap membuatnya positif.  Mereka dihargai oleh orang-orang yang dekat dengan mereka akan kualitas-kualitas spesial mereka. Mereka mencari hubungan jangka panjand dan untuk seumur hidup, meskipun mereka tidak selalu mendapatkannya.

Kekuatan INFJ

* Hangat dan menguatkan secara alamiah.
* Berdedikasi untuk mencapai hubungan yang paling puncak (ultimate relationship).
* Sensitif dan peduli pada perasaan orang lain
* Biasanya memiliki kemampuan komunikasi yang baik, terutama komunikasi tertulis.
* Memandang komitmen mereka dengan sangat serius, dan mencari hubungan seumur hidup.
* Memiliki harapan yang sangat tinggi untuk dirinya dan orang lain (baik kekuatan dan kelemahan)
* Pendengar yang baik
* Mampu untuk melanjutkan setelah hubungan telah berakhir (begitu mereka yakin telah berakhir)

Kelemahan INFJ

* Kecenderungan untuk merahasiakan sebagian dari diri mereka.
* Kurang baik dengan uang dan dalam kebutuhan hidup praktis sehari-hari.
* Tidak menyukai secara ekstrem segala bentuk konflik dan kritik.
* Memiliki harapan yang sangat tinggi untuk dirinya dan orang lain (baik kekuatan dan kelemahan).
* Memiliki kesulitan untuk meninggalkan hubungan yang buruk.

INFJ dalam hubungan asmara

” Untuk mencintai berarti membuka diri untuk dapat menerima hal-hal negatif dan juga positif – kesedihannya, penderitaannya, dan kekecewaan serta sukacitanya, pemenuhannya, serta intensitas kesadaran yang kita tidak mengetahui sebelumnya bahwa itu mungkin dilakukan.” – Rollo May

INFJ pribadi yang hangat, perhatian kepada pasangannya dan merasakan kedalaman cinta yang hebat terhadapnya.  Mereka menikmati untuk menunjukkan cintanya, dan menginginkan untuk mendapatkan afirmasi balik dari pasangannya.

Mereka seorang perfeksionis, selalu berusaha untuk mencapai hubungan yang paling puncak (ultimate relationship).  Hal ini terkadang bisa membuat frustasi pasangan mereka, yang merasa menjadi subjek dari sifat menuntut keperfeksionisan mereka. Namun, mungkin juga akan sangat dihargai, karena hal itu menunjukkan komitmen yang tulus terhadap hubungan tersebut, dan juga kedalaman kepedulian yang biasanya tidak hadir pada tipe jenis lain.

secara Seksual, INFJs melihat keintiman sebagai pengalaman hampir secara spiritual.  Mereka merangkul kesempatan untuk mengikat hati dan jiwa mereka kepada pasangan mereka.  Sebagai individu yang berorientasi melayani, sangat pengting bagi mereka bahwa pasangan mereka bahagia.  Keintiman adalah kesempatan bagi INFJ untuk memberi tanpa pamrih cinta mereka, dan mengalaminya dengan dengan cara yang nyata.

Meskipun dua individu yang berkembang dengan baik dari jenis apa pun dapat menikmati hubungan yang sehat, mitra alami INFJ adalah yang ENTP, atau ENFP. Fungsi dominan INFJ yaitu Intuisi Introvert (Introvert Intuition) paling cocok dengan tipe kepribadian yang didominasi oleh Intuisi Extraverted (Extraverted Intuition).

INFJ Sebagai Orang Tua

” Kau adalah busur dari anak-anakmu sebagai anak panah “hidup” yang diutus untukmu.
Biarkan lentur di tangan pemanah untuk sukacita;
Karena sebagaimana Dia mengasihi anak panah yang berterbangan,
juga Dia mengasihi busur yang stabil”  — Kahlil Gibran

INFJ biasanya menjadi orang tua yang hangat dan sangat peduli. Tujuan mereka adalah untuk membantu anak-anak mereka menjadi manusia dewasa yang tahu perbedaan antara benar dan salah, independent, dan individu yang berorientasi kepada perkembangan.

Dalam menuju tujuan mereka, umumnya mereka sangat hangat dan penuh perhatian, dan cenderung memperlakukan anak-anak mereka sebagai individu yang memiliki suara dalam pengambilan keputusan keluarga. Mereka ingin anak-anak mereka untuk bisa berpikir sendiri, dan membuat keputusan yang tepat. Mereka juga bisa sangat menuntut pada anak-anak mereka, dan mungkin memiliki harapan yang sangat tinggi pada tingkah laku mereka. Meskipun mereka umumnya bersuara lembut dan lemah lembut, mereka bisa menjadi keras kepala dan berlidah tajam pada waktu ketika harapan mereka tidak terpenuhi, atau ketika berada di bawah banyak tekanan.

INFJs mengambil peran orangtua mereka dengan keseriusan tertinggi. Mereka akan berkorban demi anak-anak mereka tanpa berpikir, dan tanpa penyesalan. Menyampaikan nilai-nilai mereka kepada anak-anak mereka merupakan prioritas serius dalam kehidupan mereka. Anak-anak dari INFJ mengingat orang tua mereka yang penyayang sebagai hangat, sabar, dan menginspirasi.

INFJ Sebagai Teman

Meskipun INFJ menempatkan teman setelah Tuhan dan keluarga dalam hubungannya dengan prioritas kepentingan, mereka sangat menghargai nilai pertemanan. Sebagai seorang idealis yang mempunyai nilai yang sangat kuat, INFJ mencari otentisitas dan kedalaman dalam hubungan dekat mereka, dan terutama menghargai orang-orang yang dapat melihat dan menghargai INFJ atas sebagaimana mereka adanya dan apa yang mereka perjuangkan.

INFJ cenderung menghabiskan banyak waktu bersosialisasi dengan anggota keluarga mereka. Jika mereka religius, mereka akan bersosialisasi jugan dengan anggota komunitas religius mereka. Setelah itu, INFJ mungkin memiliki teman yang diwakili dari berbagai tipe kepribadian yg mana saja. Mereka biasanya individu yang sangat intuitif, yang tidak memiliki kesabaran bagi siapa saja yang mereka anggap tidak jujur dan korup. Mereka tidak tertarik untuk bersama dengan orang-orang semacam itu.

Semua jenis orang tertarik terhadap INFJ. Mereka biasanya cukup populer, meskipun mereka mungkin tidak menyadari hal itu, karena mereka tidak menganggap penting hal tersebut.

INFJ dihargai oleh teman-teman dekat mereka akan kehangatan dan pribadinya yang penuh pertimbangan, cara baru dan menarik mereka dalam melihat sesuatu, dan akan kemampuan mereka untuk menginspirasi dan memotivasi orang lain untuk menjadi yang terbaik yang mereka bisa.

Diterjemahkan oleh planetinfj.wordpress.com dari :

Portrait of an INFJ,  http://www.personalitypage.com/INFJ.html

3D_animated_vector_globe

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s