hello! i’m INFJ and alhamdulillah, i’m prrroud of it!

Posted: May 31, 2013 in Kisah Para Alien (INFJ)
Tags: , , ,

assalamu’alaikum! sashiburiiii, rasanya udah lama saya beneran nulis di sini. nyampaaaaah terus. biasa, sindrom galau akut agak melanda saya kemarin daaan postingan ini ajibnya akan menjelaskan segala perilaku saya yang random, ohoho.

udah pernah ada ya di postingan sebelumnya, saya sukaaa banget mempelajari kepribadian dan sebagai remaja-setahun-lagi-20tahun-jadi-apa-masih-cocok-dianggep-remaja yang severely self-conscious, hahay, saya terus mencari definisi diri saya. buat beberapa orang, aksi saya ini terkesan seperti ngebatesin definisi pribadi banget, sangat konsekuensial untuk mempersempit ruang self improvement nantinya. yeah, i am not you, hey people. diri ababil ini dianugrahi rasa penasaran terus menerus oleh Allah untuk mendefinisikan dirinya demi mencari metode self improvement yang tetap, plus jugademi menemukan potensi lain yang udah Allah titipin ke diri ini. so accept me all the same, yeah?

proses pencarian ini kemudian mendaratkan saya pada satu kesimpulan yang memberi banyak penerangan pada saya. berdasarkan MBTI (yang merupakan klasifikasi kepribadian paling oke sampai saat ini menurut PerC), saya ini intuitif, perasa, penilai, dan surprisingly… INTROVERT! AHA!

dengan memanjatkan syukur ke hadirat Allah, akhirnya saya nemu lagi satu titik perdamaian dengan diri saya sendiri. buat banyak orang, saya terlihat outgoing, sanguinis (yang ini bener sih), stand out in the crowd, dan ladida ladidum lalala extrovert lainnya. the bittersweet truth is… saya ngga pernah senyaman itu ketika berada di kerumunan. yeah, i get energized by people, but only from my dear closest people. ini menjelaskan pertanyaan saya ke diri saya sendiri, kenapa sih saya kayak punya koefisien gesek statis yang gedeee banget setiap pengen muncul di crowd untuk jangka waktu yang lama? the answer is really simple: i am exhausted by crowd. di awal, emang saya bisa keliatan super heboh kayak presenter-presenter DahSyat,  lalu lama-lama, pet! mati lampu. entah, crowd menghisap energi saya seperti black hole.

ini juga yang menyebabkan kadang-kadang saya ngerasa kayak alien, suka beda sendiri. temen saya pernah bilang kalo saya irasional (dan anehnya saya seneng dianggep gini). mungkin harusnya ga cuma ada buku why men are from mars and women are from venus, tapi juga why alya is from the planet where Darth Vader is born. oke, itu ide yang random abis.

moving on! sebagai INFJ! dominant function saya adalah Introverted Intuition which is the most awesome thing that ever happens in my life and sadly, i only found this function awesome today. ini menjelaskan pengalaman-pengalaman clairvoyant saya dulu dan menjelaskan banget kenapa saya suka dapet kesan instan tentang orang asing, feeling ga enak kalo temen ada apa apa, dan kenapa akhirnya saya kesel sama diri sendiri karena kesannya ko saya gampang banget suuzhan, hahaha. alhamdulillah, Introverted Intuition yang emang bikin saya jadi bisa memproses secara ga sadar ini membawa point of peace lain buat saya 🙂

haaaa, rasanya pengen nulis lebih banyak lagi tapi berhubung, yah, LJ bukan blog provider yang bisa sangat diandalkan (baca: kalo internet lelet biasanya draft yamg udah saya bikin panjang-panjang tau-tau ilang aja, HUH), cukup sekian sepertinya. mungkin saya bakal lanjut nulis lagi tentang ini, mungkin ngga, tapi alhamdulillah, saya cukupkan tulisan saya di sini dulu.

banyak situs internet yang bilang kalo INFJ itu paling langka di US.
di Indonesia? hoooo, entahlah ya.

hey, whoever you are, if you’re an INFJ, don’t feel like you’re alienated. we’re just as ordinary and as unique as anyone else. stay genuine. embrace out weaknesses like we greet our old friends. be brave. step out. perhaps, God created us as the fewest mankind because we’re like high notes, exotic seasoning or hormones (?). the world doesn’t need us in great numbers, but we can give a great deal of change -positive change, i wish- for the world for being who we are 🙂

by : alyahant (http://alyahanant.livejournal.com/48114.html)

3D_animated_vector_globe

Leave a Reply

