Profil INFJ dari 16personalities.com

Posted: June 2, 2013 in Profil INFJ (Introvert, Intuitive, Feeling, Judging)
Tags: , , ,

                                                                               INFJ Personality

Type Description

Tipe INFJ dipercaya sangat langka (1% dari Total populasi), dan memiliki kumpulan sifat yang tidak umum.  Meskipun keberadaan mereka dapat digambarkan sebagai sangat pendiam, INFJ biasanya memiliki pendapat yang sangat kuat, terutama ketika berhubungan dengan masalah2 yg mereka anggap benar-benar penting dalam kehidupan.  Ketika seorang INFJ memerangi sesuatu, ini karena mereka percaya kepada ide tersebut, bukan karena alasan2 untuk mementingkan diri mereka sendiri.

Kepribadian INFJ sangat tertarik untuk menolong mereka yg membutuhkan. — mereka mungkin akan segera pergi ketempat bencana besar, berpartisipasi untuk melakukan penyelamatan, melakukan kegiatan kemanusiaan dll.  INFJ melihat ini sebagai tugas dan tujuan hidup mereka — orang-orang dengan tipe kepribadian ini dengan sangat yakin percaya bahwa tidak ada yg lebih menolong dunia ini dibandingkan dengan dapat menyingkirkan semua tiran.  Karma dan konsep yang setara dengan itu sangat menarik bagi INFJ.

Kecenderungan-kecenderungan ini juga diperkuat oleh kenyataan bahwa kepribadian INFJ memiliki kombinasi unik antara idealisme dan ketegasan — ini juga berarti bahwa kreatifitas dan imajinasi mereka dapat diarahkan kepada tujuan yg spesifik. Beberapa tipe kepribadian lain juga memiliki sifat ini dan hal tersebut adalah salah satu alasan terpenting mengapa banyak INFJs pada akhirnya mampu mewujudkan impian mereka dan membuat dampak positif untuk jangka panjang.

INFJ adalah ahlinya komunikasi tertulis,dengan ciri khas bahasa mereka yang halus dan hangat. Disamping itu, sensitivitas INFJs memungkinkan mereka untuk dapat terhubung dengan orang lain cukup mudah. Komunikasi mereka yg mudah dan menyenangkan terhadap orang lain, terkadang sering menipu orang lain, yang mengira bahwa mereka adalah seorang Extrovert.

INFJs harus berhati-hati untuk menghindari “overheating” dikarenakan semangat dan tekad mereka terkadang tidak terkendali. Sebagai introvert, INFJs perlu untuk memiliki “waktu sendirian” setiap sekali-sekali atau sebaliknya.

Cadangan energi internal mereka sangat cepat habis.  Jika ini terjadi, INFJ akan mengejutkan semua orang didekat mereka, dengan menarik diri dari semua kegiatan mereka untuk sementara waktu — dan karena orang lain biasanya melihat seorang INFJ sebagai Extrovert, ini akan membuat mereka terkejut dan prihatin.

INFJs menaruh perhatian besar terhadap perasaan orang lain dan mengharapkan orang lain membalasnya. Tidak mengherankan, orang-orang dengan tipe kepribadian ini sangat sensitif dan rentan terhadap konflik – bahkan INFJs paling rasionalpun mungkin merasa cukup sulit untuk tidak mengambil hati dalam menerima kritik. Ini adalah tumit Achilles (kelemahan utama dari banyak kelebihan mereka) ‘para INFJ” – jika seseorang dengan kepribadian INFJ tidak dapat melarikan diri dari konflik, mereka akan melakukan yang terbaik untuk menghadapinya, tapi ini akan menghasilkan banyak tekanan pada mereka dan mungkin juga berpotensi menyebabkan masalah kesehatan atau perilaku yg sangat irasional.

Kekuatan dan kelemahan.

Kekuatan INFJ

  • Bertekad kuat dan penuh gairah :

Kepribadian INFJ akan bekerja dengan keras untuk alasan yang mereka percayai.  Gairah ini dapat mengejutkan orang yang tidak terbiasa melihat sisi mereka ini.  tetapi merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari kepribadian mereka.

  • Altruistic :

Sangat jarang untuk melihat INFJ melakukan sesuatu untuk keuntungan pribadi mereka. Orang dengan tipe kepribadian ini cenderung sangat hangat dan altruistik, meskipun sifat-sifat ini mungkin tidak terlihat dengan jelas.

  • Tegas :

Ini adalah salah satu kekuatan yang paling penting dari INFJ. Imajinasi mereka, dikombinasikan dengan ketegasan, biasanya memungkinkan INFJs untuk mencapai hal-hal luar biasa — tidak hanya mereka muncul dengan ide-ide menarik dan tidak biasa.  Mereka juga mempunyai tekad kuat dan kemampuan perencanaan yang diperlukan untuk menerapkan ide-ide mereka.

  • Kreatif :

INFJs memiliki imajinasi yang sangat hidup dan jarang memiliki kesulitan mengungkapkan hal itu dalam satu cara atau lain. Sebagian besar solusi mereka berkisar pada orang-orang atau cita-cita, dibandingkan dengan strategi teknis – kekuatan ini menjadikan kepribadian INFJ akan menjadi konselor dan penasihat yang luar biasa.

  • Inspiratif dan Meyakinkan :

Orang dengan tipe kepribadian INFj tahu bagaimana caranya menggunakan kata2, dan mereka dikenal dengan kata2 yang mengalir lancar,  dengan gaya menulis yang inspiratif, INFJ juga dapat meyakinkan si pembaca, terutama jika mereka berbicara sesuatu yang mereka banggakan atau mereka sangat bergairah dengannya.

  • Sangat Mendalam :

INFJ merasa sangat mudah untuk menerjemahkan motif orang lain, dan sangat jarang terpengaruh oleh manipulasi atau taktik para penjual, mereka cenderung untuk mengetahui apakah seseorang itu jujur atau tidak.  Perisai yg sangat kuat ini untuk melindungi inti diri mereka yang sensitif, melindungi INFJ dari kekecewaan.

Kelemahan INFJ

  • Sangat Pribadi

INFJ mungkin terlihat ekspresif dan bergairah, tapi sebenarnya mereka adalah seseorang yg sangat menghargai privay. Orang dengan tipe kepribadian ini sering merasa cukup sulit untuk mempercayai teman baru atau untuk membuka diri, bahkan kepada orang yang paling dekat dengan mereka.

  • Internal Energi Mereka Sangat Cepat Habis

Dengan segala kelebihan dan gairah mereka. kepribadian INFJ dikenal sangat cepat menguras internal energi mereka jika mereka tidak berhati-hati. INFJs juga cenderung meng-internalisasi sebagian besar perasaan mereka – sifat ini tidak selalu kelemahan, tapi kadang hal itu menghalangi mereka untuk fungsi “katup buang” (mengeluarkan sedikit beban mereka)

  • Sangat sensitif.

INFJs sangat rentan terhadap situasi kritik dan konflik, dan bisa terluka dengan sangat mudah. Orang dengan tipe kepribadian ini juga cenderung bereaksi keras terhadap sesuatu yang menantang prinsip-prinsip dan nilai-nilai internal mereka.

  • Perfeksionis.

kepribadian INFJ  pada dasarnya seorang idealis dan melakukan yang terbaik untuk mencapai cita-cita mereka. Ini adalah sifat yang bagus, tapi dengan cepat bisa menjadi kelemahan jika pendekatan yang sama diterapkan di setiap bidang kehidupan. Misalnya, INFJs mungkin merasa sulit untuk mendapat kematangan dalam hubungan romantis, selalu mencari pasangan yang ideal.

  • Selalu harus punya alasan.

INFJs mungkin merasa sulit untuk fokus dan memaksakan dirinya untuk menyelesaikan tugas-tugas yang tidak terkait dengan tujuan mereka, misalnya beberapa pekerjaan administratif rutin yang harus diselesaikan. Orang dengan tipe kepribadian ini selalu ingin tahu bahwa mereka sedang menuju ke arah tujuan mereka, dan mungkin merasa kecewa dan gelisah jika hal ini tidak terjadi.

                                                                    

Advertisements

Pages: 1 2

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s