Seri Gaya Pribadi: INFJ (bagian 10) – Daya Insani in Gaya Pribadi MBTI

Posted: June 7, 2013 in Profil INFJ (Introvert, Intuitive, Feeling, Judging)
Tags: , , ,

infjGaya pribadi yang akan dibahas kali ini adalah gaya pribadi yang termasuk dalam kategori visioner. Nelson Mandela, Oprah Winfrey dan Goethe termasuk dalam gaya pribadi yang unik ini. Gaya pribadi apa yang bisa menghasilkan seorang Nelson Mandela? Yang dimaksud adalah gaya pribadi INFJ. Gaya pribadi ini bisa dibilang sangat langka dengan tingkat populasi yang diperkirakan hanya 1% dari total populasi dunia. Apakah Anda seorang INFJ? Mari kita simak ciri-cirinya.

INFJ: The Counselor 

Yang membedakan gaya pribadi ini dari gaya pribadi yang lain adalah kemampuannya dalam berempati dengan orang lain. Seorang INFJ cenderung untuk mengabdikan hidupnya untuk sesuatu yang di yakininya dan memilih pekerjaan dimana nilai-nilai pribadi yang diyakini dan idealismenya dapat berkembang. Mereka sangat menjunjung integritas pribadi. Karena kepribadiannya yang introvert, mereka adalah pendiam dan lebih suka menyendiri. Karena kelebihannya untuk berempati, menjadikan mereka orang yang lembut, penuh perasaan, butuh harmoni dan tabah. Mereka juga dapat melihat makna peristiwa secara intuitif untuk meramalkan apa yang diperlukan. Mereka juga pembuat keputusan yang bijaksana karena kebiasaannya untuk berpikir secara mendalam sebelum bertindak. Karena kebutuhannya akan harmoni, seorang INFJ cenderung membangun kerjasama dengan menyatukan tujuan dan mudah memahami emosi orang lain.

Walaupun seorang INFJ mempunyai banyak kelebihan, tetapi masih ada juga beberapa kelemahannya. Karena kebutuhannya akan harmoni, mereka akan berusaha untuk menghindari konflik. Mereka juga sering mengabaikan fakta penting yang tak mendukung posisinya atau pendapatnya. Seorang INFJ juga mempunyai kecenderungan untuk mengatur dan perfeksionis.

Begitulah sekilas ciri-ciri seorang INFJ. Gaya pribadi seorang visioner yang berempati, idealis, lembut dan penuh perasaan.

Sumber : (http://buletindi.wordpress.com/2011/07/07/seri-gaya-pribadi-infj-bagian-10/#more-624)

3D_animated_vector_globe

Advertisements
Comments
  1. anonymous says:

    hai, sy pnggemar mbti jga ni hehe… mau tanya dong prbedaan INFJ sama INTJ, soal.a sy gatau intj/infj.. mkasih 🙂

  2. planetinfj says:

    Hai juga,.menurut kami kalau secara “teori” INTJ, lebih cold dan kurang bisa menunjukkan emosi terhadap orang lain, dan dalam mengambil keputusan lebih mengedepankan Rasio/logika, sedangkan INFJ lebih mengedepankan Feeling (Sistem nilai internal), INFJ juga lebih empatic terhadap orang lain.. tapi menurut kami jika mba belum bisa menentukan apakah INFJ atau INTJ, setelah mengikuti tes, atau membaca profil masing-masing :
    1. http://personalitypage.com/INTJ.html
    2 http://personalitypage.com/INFJ.html

    bisa jadi mba ada didaerah “pertengahan” atau borderline; INXJ..tentu saja ini pendapat subjektif kami :). Salam.

  3. anonymous says:

    oh bgtu he2…, btw menurut admin bgmna dgn tes dsini http://cognitivequiz.com
    sy intj tpi lebih ke infp setlah di tes di situs tadi.. pdahal intj lebih dekat dgn infj yg fungsinya Ni??
    mau tnya lgi dong klau misal shadow function/ fungsi yg tidak ada, apa bisa muncul? klau misalnya sseorang sdang dbwah tekanan? misalnya Fi pada INFJ? thanx 🙂

  4. planetinfj says:

    Mungkin kemungkinan besar mba INTJ 😀 (tipe terlangka bagi perempuan :D), tetapi preferensi pengambilan keputusan (F atau T) dan struktur (J atau P) nilainya terpaut tipis..sepengetahuan saya shadow function bukannya tidak ada tetapi tidak signifikan kalau INFJ fungsi terlemah yaitu Se. Dan saya test disitus itu Most Likely :infj, second possibility : infp, dan third possibility : enfj.. tetapi tetap lebih dominan INFJ. dan meskipun INTJ dan INFJ fungsi dominan utamanya sama Ni tetapi sejauh yang saya tahu cukup jauh perbedaannya.

    btw : kami memang INFJ enthusiast bukan MBTI enthusiast, karena kami merasa “menyatu” dengan profile INFJ dan pengalaman dari INFJ yang lainnya (alienated/terasing), kami tidak begitu memahami secara mendalam teori Jung tersebut (karena latar belakang kami umumnya bukan dari psikologi namun merasa “terselamatkan” dan berterima kasih dengan MBTI ini 🙂 ), motivasi awal kami membuat blog ini yaitu untuk memberi informasi kepada masyarakat umum terutama bagi para INFJ. Trims juga..:)

  5. planetinfj says:

    Btw lagi : Makasih banyak atas kunjungannya, saya cukup terkejut juga menemukan Wanita INTJ 🙂 hehe, karena katanya INTJ wanita selangka saya, INFJ lelaki (diterima secara umum kira -kira 1/4% dari total populasi dari 1% Total INFJ), saya akan merasa terhormat jika mau join di fb kami :).

  6. anonymous says:

    u’r wellcome.. hm ia ni jdi intj perempuan aga kurang nyaman, suka pnya masalah dgn teman2. sy juga cukup susah/jarang melihat infj laki2 d manapun .
    he” sbnrnya mau gabung fb sih tp sdang tdk ingin pakai fb :))

    • planetinfj says:

      hmm.. sepertinya saya bisa memahami apa yg mba rasakan, krn langka tersebut sepertinya jd rentan untuk disalahpahami .. namun saya pribadi memulai langkah membuat nyaman dengan memahami diri sendiri lebih baik dulu, bagaimana bisa membuat orang lain memahami kalau saya sendiri tidak mengerti diri sendiri 😀 ( bisa dilihat di kisah para alien, bagaimana cerita para INFJ yg rentan disalahpahami, atau juga cerita saya yg sudah saya emailkan )

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s